-->
Loading...

MENKEU: Dana Desa Jangan untuk Beli Mobil dan Bangun Rumah Kades

Loading...
Sponsored Links
Loading...

Sumsel - Dalam rapat kerja Percepatan Penyaluran Bantuan Dana Desa di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (28/02/2020) kemarin, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyingung masalah pentingnya penggunaan Dana Desa, salah satunya tidak dilakukan untuk kepentingan pribadi oleh oknum kepala desa maupun perangkat desanya yang hanya untuk memperkaya diri sendiri.


"Dana APBN tahun 2020 ini Rp 72 triliun untuk Desa", ujar Menkeu Sri Mulyani.

Dari dana tersebut, Rp 2,71 triliun dikucurkan untuk 2.583 desa yang ada di Sumatera Selatan. Namun, dirinya sangat menyayangkan kurangnya motivasi kepala desa, dimana hingga saat ini baru ada 25 Desa di Sumsel yang sudah mendapatkan penyaluran Dana Desa dari pusat.

"Sumatera Selatan baru 25 Desa yang baru mendapatkan penyaluran Dana Desa, itu baru di Musi Rawas yang lain belum tersalurkan, mohon segera diselesaikan", imbuhnya.

Lanjutnya, tidak hanya itu, sebagai upaya dalam menunjang peningkatan kinerja perangkat desa, pemerintah telah memberikan penghasilan tambahan, salah satunya dengan memberikan penghasilan tetap bagi semua golongan 2A.

"Seluruh perangkat desa sudah mendapatkan penghasilan tetap yaitu golongan 2A, jadi kami sudah menyampaikan agar seluruh perangkat desa mendapat gaji sesuai golongan PNS 2A dengan bantuan Rp 1,1 triliun untuk 8 kabupaten yang ada di Provinsi Sumsel.

"Dana Rp 1,1 triliun tercatat untuk provinsi Sumatera Selatan, tapi hanya untuk tiga daerah yakni kabupaten Lahat, Ogan Kemering Ulu (Oku) Timur dan Oku Selatan. Dengan Dana itu semua kabupaten sudah dapat membayar perangkat desa, hal ini harus segera dilaksanakan kegiatan desa," jelasnya.

Menkeu juga meminta dengan tegas kepada ratusan kepala desa yang hadir untuk menggunakan Dana Desa sesuai peruntukkan. Sehingga Dana Desa tidak untuk kepentingan pribadi atau memperkaya diri sendiri.

"Tolong segera dibelanjakan, tetapi jangan untuk membeli mobil atau untuk membeli rumah milik pribadi kepala desa. Itu salah besar (keliru), Dana Desa untuk membangun Desa, Jalan, Jembatan, Air bersih dan lain sebagainya", pesan Sri Mulyani

"Dana Desa adalah Dana Rakyat, bukan untuk kepala desa ataupun perangkat desanya. Gunakan Dana Desa untuk menurunkan angka kemiskinan, bangun infrastruktur dan membantu ekonomi dan kesejahteraan masyarakat", pungkasnya.

Sumber: klikwarta.com
Sponsored Links
Loading...
Loading...

0 Response to "MENKEU: Dana Desa Jangan untuk Beli Mobil dan Bangun Rumah Kades"

Post a Comment