-->
Loading...

Resep Membuat Apem Gula Merah Enak Sederhana Praktis

Loading...
Sponsored Links
Loading...
Pada umumnya, kue kering adalah salah satu cemilan yang biasa disuguhkan ketika bersantai bersama keluarga atau pada saat hari raya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan kue basah pun dapat disuguhkan sebagai camilan dikala waktu senggang, seperti kue basah apem gula merah ini. 

Rasanya yang enak dan teksturnya yang empuk dan lembut sangat pas jika dijadikan cemilan pengganti kue kering di kala bersantai bersama keluarga dan kerabat.

Apabila anda adalah orang yang kebetulan termasuk penyuka kue apem gula merah tersebut dan ingin tahu gimana sih resep membuat apem gula merah tersebut, maka berikut ini adalah resep cara membuatnya yang telah kami sajikan secara singkat dan praktis agar mudah dipahami dan dipraktekkan dirumah. 

Nah, berikut ini adalah bahan serta cara membuat kue apem bula merah.
Bahan A :
100 gr tepung terigu
200 gr tepung beras
250 ml santan dari ½ butir kelapa
200 ml air kelapa
200 gr gula merah, iris halus
6 gr (1 sdt) ragi instan
1 sdt baking powder
1 sdt bumbu spekuk
½ sdt garam halus
1 lembar daun pandan, simpulkan

Bahan B:
100 gr tepung terigu
200 gr tepung beras
200 ml air kelapa
150 gr gula pasir, iris halus
250 ml santan dari ½ butir kelapa
6 gr (1 sdt) ragi instan
1 sdt baking powder
½ sdt garam halus
1 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat Apem Gula Merah :
  • Langkah pertama, Bahan A: Didihkan air kelapa, lalu masukkan gula merah beserta garam dan daun pandan. Kemudian masak sampai terlihat mendidih, Lalu anda angkat, saring dan dinginkan. Setelah itu tuang rebusan air kelapa ke dalam tepung beras, kemudian aduk dengan tangan sampai tercampur rata.
  • Langkah kedua, masukkan santan beserta tepung terigu, bumbu spekuk , ragi instan dan baking powder, Lalu uleni dengan tangan sambil anda aduk-aduk selama kurang lebih 10 menit. Kemudian diamkan adonan selama sekitar 40 menit atau sampai adonan terlihat mengembang dan permukaannya terlihat berbuih. Setelah itu siapkan loyang cake yang sebelumnya telah diolesi dengan minyak goreng. Lalu tuang adonan A sampai setengah dari tinggi cetakkan. Kemudian kukus selama kurang 30 menit atau hingga kue terlihat matang.
  • Langkah ketiga, Bahan B: Didihkan air kelapa dengan gula pasir,daun pandan dan garam. Lalu masak sampai mendidih, kemudian angkat, saring dan dinginkan. Setelah itu tuang rebusan air kelapa ke dalam tepung beras, lalu aduk hingga rata. Kemudian tambahkan santan tepung terigu beserta baking powder dan ragi instan ke dalam adonan tepung beras tersebut . Setelah itu, aduk dengan menggunakan tangan sambil anda uleni selama kurang lebih 10 menit.
  • Selanjutnya, diamkan adonan selama kurang lebih 40 menit. Lalu tuangkan adonan B ke bagian atas adonan A. Kemudian kukus kembali selama kurang lebih 30 menit sampai kue mengembang dan terlihat benar-benar matang, Setelah itu angkat. dinginkan. Lalu keluarkan kue dari cetakkan,kemudian potong-potong, setelah itu kue apem gula merah buatan anda siap untuk disajikan.

Nah, itulah resep membuat apem gula merah yang dapat kami share kepada anda pada artikel resep masakan kali ini. 
Sponsored Links
Loading...
Loading...

0 Response to "Resep Membuat Apem Gula Merah Enak Sederhana Praktis"

Post a Comment