-->
Loading...

Saudariku, Sederhanakan-Lah Pakaianmu, Panjangkan Kerudung Dan Lebarkan Jilbab Maka Sempurna-Lah Hijab

Loading...
Sponsored Links
Loading...

Sejak awal manusia sudah di kenal sebagai mahkluk sosial yang paling mulia, daripada mahkluk-mahkluk yang lain. Oleh karena itu pakaian adalah salah satu yang membedakan manusia daripada lainnya. Lebih-lebih pakaian berfungsi sebagai menutup aurat.
Busana bagi seorang muslimah merupakan cerminan kepribadian, status sosial dalam strata sosial, serta kebutuhan yang sifatnya manusiawi.
Bila kita melihat di sekeliling kita, maka kita akan menemukan berbagai macam corak dan mode busana yang biasanya berkaitan erat dengan agama, adat istiadat, dan kebudayaan-kebudayaan setempat. 
Demikian juga dalam masalah tata busana, dalam ajaran Islam, bukan semata-mata masalah kultural, namun lebih jauh dari itu merupakan tindakan ritual dan sakral yang di janjikan pahala sebagai imbalan Nya dari Allah SWT.
Berbusana muslimah merupakan pengamalan akhlak terhadap diri sendiri, menghargai dan menghormati harkat dan martabat dirinya sendiri sebagai makhluk yang mulia. Sebagai seorang muslimah kita pasti mengetahui dalam menjaga aurat kita agar terhindar dari api neraka. 
Dengan apa yang kita pakai di luar badan berupa pakaian,  aksesoris yang kita gunakan. Baiknya menggunakan pakaian tidak secara berlebihan,  apa lagi dengan memamarkan pakaian yang di pakai.
Ini dapat mencontohkan diri kita dengan apa yang seharusnya kita jaga dari dalam badan kita dan luar badan kita. Yang dipakai diluar badan itu berupa pakaian,  pakaian yang mencerminkan diri ini.  Pakaian yang kita pakai dari atas sampai ujung akan di lihat orang di luar sana.
Memakai pakaian yang sederhana dan bersolek secara natural itu sudah cantik ketika di pandang,  daripada memakai pakaian yang berlebihan,  aksesoris,  dan bersolek dengan cetar “menor” akan berbahaya bagi kita seorang muslimah di luar sana.
Jika seorang wanita memakai make-up, bedak tebal, eye shadow, lipstick,maka itu sama saja ia menampakkan perhiasan diri. Inilah yang terlarang dalam ayat (yang artinya), “Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” (QS. An-Nur: 31).
Secara tegas wanita adalah aurat yang harus ditutupi fisiknya. Mereka dijadikan alat oleh setan, jin, dan manusia untuk merusak anak Adam. Di sisi lain, mereka adalah ujian yang sangat dahsyat bagi kaum Adam yang mampu meluluhlantakkan keteguhan seorang anak Adam yang kuat imannya sekalipun, kecuali orang yang dirahmati Allah Subhanahu wata‟ala.
Yang penting harus diperhatikan beberapa kriteria yang dapat dijadikan standar mode busana muslimah, yakni :
  1. Pakaian harus menutup aurat.
  2. Tekstil yang dijadikan bahan busana tidak tipis atau transparan (tembus-pandang). Karena kain yang demikian akan memperlihatkan bayangan kulit secara remang-remang.
  3. Modelnya tidak ketat.
  4. Tidak menyerupai laki-laki.
  5. Bahannya, juga modelnya tidak terlalu mewah, berlebihan atau menyolok mata, dengan warna aneh-aneh hingga menarik perhatian orang. Apalagi jika menimbulkan rasa sombong.
Sponsored Links
Loading...
Loading...

0 Response to "Saudariku, Sederhanakan-Lah Pakaianmu, Panjangkan Kerudung Dan Lebarkan Jilbab Maka Sempurna-Lah Hijab"

Post a Comment